Situs Kesehatan Terpercaya

Monday, August 14, 2017

Gondok - Pembesaran Kelenjar Tiroid Yang Harus Di Waspadai

Gondok - Pembesaran Kelenjar Tiroid Yang Harus Di Waspadai - Gondok atau dalam bahasa medis yaitu Goiter adalah pembesaran abnormal kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid memiliki bentuk seperti kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher tepat di bawah jakun. Kelenjar tiroid ini berperan penting bagi tubuh karena berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.


Meskipun Gondok ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, namun jika gondok ini berukuran besar maka akan menggangu proses bernafas ataupun saat menelan makanan dan akan terlihat bergerak karena tulang rawan tiroid (jakun) berada di depan leher tepatnya di atas kelenjar tiroid yang membesar.

Ukuran gondok pada setiap penderita berbeda-beda. Benjolan yang berukuran kecil biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Namun pada kasus tertentu penderita dengan gondok yang berukuran besar biasanya merasakan gejala seperti leher terasa tercekik, suara menjadi serak, susah menelan, dan kesulitan bernapas.

Karena ukuran dan tekstur benjolan yang berbeda-beda, gondok atau goiter ini dikelompokan menjadi dua jenis yaitu gondok difus dan nodul. Benjolan pada gondok difus memiliki tekstur yang mulus ketika disentuh, sedangkan gondok nodul memiliki benjolan yang tidak rata serta bergumpal.

Penyebab Gondok
Penyebab utama terjadinya gondok adalah kekurangan yodium. Karena yodium sangat penting untuk membantu tiroid menghasilkan hormon tiroid. Jika yodium tidak cukup, maka tiroid bekerja ekstra keras untuk membuat hormon tiroid. Sebagai kompensasinya kelenjar tiroid akan tumbuh lebih besar.
Adapun penyebab gondok lainnya yang tidak umum yaitu :
  • Hipertiroid, Kondisi terlalu banyaknya hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.
  • Hipotiroid, Kodisi kelenjar tiroid yang kurang aktif sehingga produksi hormon tiroid menurun.
  • Merokok, Senyawa tiosianat dalam asap rokok mengganggu penyerapan yodium.
  • Perubahan hormonal, Kehamilan, pubertas, dan menopause dapat mempengaruhi fungsi tiroid.
  • Tiroiditis, Peradangan yang disebabkan oleh infeksi.
Pengobatan penyakit Gondok
Pengobatan untuk penyakit gondok tergantung pada ukuran, penyebab, dan gejalanya. Jika ukuran gondok kecil, tidak terdapat gejala, dan tiroid masih berfungsi normal mungkin hal harus dilakukan adalah menunggu dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Namun jika ukuran sudah terbilang besar dan mengganggu kondisi kesehatan, dokter akan menganjurkan untuk melakukan beberapa terapi atau bahkan operasi tiroid. Bagi anda yang tidak ingin mengalami gondokan atau mungkin sedang menderita gondok, anda bisa mencoba dengan mengonsumsi obat herbal Jelly Gamat Walatra, obat herbal ini memiliki khasiat yang dapat menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh.

baca juga :
Demikian pembahasan kali ini mengenai penyakit Gondok, terimakasih semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gondok - Pembesaran Kelenjar Tiroid Yang Harus Di Waspadai

0 comments:

Post a Comment