Situs Kesehatan Terpercaya

Saturday, July 29, 2017

Manfaat Sinar Matahari bagi Kesehatan

Manfaat Sinar Matahari bagi Kesehatan - Sinar matahari mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, khususnya matahari pagi. Apabila Anda sering bekerja di tempat yang tertutup, atau Anda sering berdiam diri di kamar sambil bermain game tanpa membuka jendela, serta AC dinyalakan, harap hati-hati karena kebiasaan ini akan mengancam kesehatan Anda. Banyak orang yang sering menghindari sinar matahari, karena menurutnya sinar matahari bisa membuat kulit rusak. Memang benar, tapi yang berbahaya itu  adalah sinar matahari sekitar pukul 12 siang, ketika matahari sudah ada diatas. Sedangkan sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan.



Mengurangi Gula Darah
Khasiat sinar matahari yang pertama adalah dapat mengurangi gula darah, ini cocok bagi Anda penderita diabetes. Hal ini disebabkan sinar matahari bisa menjadi insulin alami yang dapat membantu penyerapan glukosa yang masuk ke sel-sel dalam tubuh. Sehingga akan terjadi perubahan dari gula darah menjadi glycogen, yang selanjutnya disimpan di otot dan hati. Karena proses itulah yang dapat menurunkan kadar gula darah Anda.

Mengandung Vitamin D
Pada saat sinar matahari terkena kulit, kemudian terjadi proses dalam kulit. Sinar matahari itu bisa merubah kolestrol yang ada di kulit menjadi vitamin D. Coba Anda bayangkan, hanya 5 menit saja terkena sinar matahari, tubuh Anda akan menghasilkan 400 unit vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Menurunkan Berat Badan
Khasiat lainnya adalah dapat menurunkan berat badan. Sinar matahari dapat membantu proses pengiriman sinyal ke otak jika pada saat itu adalah waktunya bangun dan jika matahari terbenam dan menjadi gelap, itu adalah waktunya tidur. Kebiasaan teratur inilah yang bisa melancarkan metabolisme tubuh dan juga dapat menurunkan berat badan Anda. Paparan sinar matahari juga dapat membantu dalam mengendalikan jam alami tubuh ( ritme sirkadian tubuh ). Dampaknya fluktuasi tekanan darah, hormon dan jam bangun tidur Anda menjadi teratur. Sinar matahari yang dapat mengatur ritme sirkadian ini adalah sinar matahari pagi, karena cahaya biru yang dipancarkan sangat banyak. Dengan mengikuti secara teratur ritme sirkadian ini dapat menjadikan program penurunan badan Anda menjadi lebih cepat dan baik.

Membunuh Bakteri
Jika biasanya didalam pengobatan medis sering menggunakan sinar ultraviolet buatan. Apabila Anda ingin membunuh bakteri secara alami dalam tubuh Anda, cobalah untuk berjemur dibawah sinar matahari. Karena dapat membunuh bakteri dalam tubuh. Menurut penelitian sinar matahari bisa membunuh bakteri penyakit, jamur dan virus. Sinar matahari juga biasanya digunakan untuk mengobati penyakit pneumonia, keracunan darah, TBC, dan asma pada saluran pernapasan. Selain itu, sinar matahari terbukti ampuh membunuh virus penyebab kanker.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Cobalah Anda untuk berjemur selama 10 menit setiap hari, karena hal tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Saat kulit Anda terkena paparan sinar matahari, akan terjadi proses bertambahnya sel darah putih, khususnya limfosit yang berfungsi dalam mencegah dan mengobati penyakit yang ada dalam tubuh. Sehingga antibodi Anda akan meningkat, bahkan akan bertahan sampai 3 minggu lamanya. Selain itu, dengan rutin terkena sinar matahari dapat menangkal resiko terkena penyakit masuk angin dan flu.

Meningkatkan Kualitas Pernapasan
Kapasitas darah dalam tubuh akan meningkat jika terkena sinar matahari. Contohnya saat Anda melakukan lari pagi, pasti akan menghirup oksigen saat bernafas. Kemudian oksigen akan disalurkan ke jaringan-jaringan dalam tubuh termasuk ke dalam otot. Selain itu, dengan berjemur di bawah sinar matahari dapat meningkatkan sistem pernapasan Anda.

Mengurangi Resiko Kanker
Sebenarnya sinar matahari pada jam 9 pagi lewat atau pada saat sudah siang dapat memicu terkena penyakit kanker kulit. Tetapi apabila Anda berjemur pada saat matahari baru muncul akan berdampak sangat positif bagi kesehatan Anda. Menurut penelitian, sinar matahari pagi dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker ovarium dan kanker usus.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Jika Anda susah tidur baca artikel tentang cara mengatasi insomnia.

Apabila sinar matahari diserap oleh mata Anda, maka akan memberikan sinyal ke dalam otak yang dihubungkan oleh saraf optik. Dengan terjadinya proses ini dapat meningkatkan zat yang biasa disebut melatonin. Maka kualitas tidur Anda akan diperbaiki oleh zat ini, dan pasti dapat membuat istirahat Anda lebih nyenyak dan nyaman.

Jangan berjemur pada saat matahari sudah sangat panas atau sekitar pukul 12 ke atas. Dianjurkan apabila Anda ingin berjemur, waktu yang paling baik adalah pada saat matahari baru muncul, karena sinarnya masih hangat dan pasti tidak akan membahayakan kesehatan Anda.

baca juga  : Mioma Uteri

Manfaat Sinar Matahari bagi Kesehatan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Sinar Matahari bagi Kesehatan

0 comments:

Post a Comment